Jumat, 05 Desember 2014

Pengaruh Interpersonal

Disusun Oleh: Elmiyadi Novia Farma, S1 Teknik Informatika 2014, Universitas Negeri Malang


Pengaruh Interpersonal
 
            Situasi seperti yang ada di Kantor adalah bagian umum dari kehidupan. Mungkina anda aru saja memiliki percakapan di mana seseorang mencoba untuk mempengaruhi keputusan anda –mungkin tentang siapa yang mempengaruhi tindakan anda untuk mengambil keputusan-. Untuk menutupi pergeseran anda di tempat kerja,untuk meminjam uang, atau memperkerjakan anda untuk pekerjaan impian anda.

a.    Tujuan Pengaruh Interpersonal
            Tujuan dari pengaruh interpersonal adalah untuk mencapai tujuan atau mempertahankan suatu pengetahuan, harapan, dan keinginan. Anda mungkin pernah mengalami saat anda tidak mempunyai tujuan untuk berkomunikasi, tetapi mereka mempengaruhi perilaku komunikasi anda. Sebagai contoh, anda mungkin pernah mencoba meminjam uang pada seseorang, entah anda mencoba untuk meyakinkan bahwa anda benar-benar membutuhkan uang tersebut. Anda pasti berperilaku berbeda. Meminjam uang adalah tujuan. Dan tujuan selalu mempengaruhi interaksi interpersonal.

Jenis Tujuan Pengaruh
            Tujuan Pengaruh interpersonal yang dinginkan akan berhasil jika anda bisa meyakinkan orang lain untuk bekerja sama. Perhatikan bagaimana seseorang yang ada untuk melibatkan orang lain untuk bekerja sama dengannya.
            Sebagai contoh, menjadi target nasihat membuat orang merasa lebih terkejut, marah, sedih, dan bersalah daripada yang memberi nasihat (Dillard, Kinney, & Cruz, 1996). Tujuan di sini bukanlah satu-satunya masalah yang anda miliki ketika anda berusaha untuk mempengaruhi orang lain. Ketika anda mencoba untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan orang lain, anda mungkin bertanya-tanya apakah orang lain memandang rendah anda, jika anda akan merusak hubungan anda, atau jika anda dapat menjaga ketenangan anda selama interaksi.
            Tujuan pengaruh antarpribadi yang memotivasi atau mendasari suatu interaksi adalah tujuan utama, dan pertimbangan lain (tujuan sekunder) yang muncul selama interakasi pengaruh interperseonal. (Dillar Segin, & Harden, 1989).



Jenis-jenis Tujuan Utama:
a.    Identitas
Yaitu menyangkut sesuatu gambaran yang ingin anda orang lain pikirkan tentang anda. Sebagai contohnya, Andi ingin Ani berpikir bahwa dia pintar.
b.    Interkasi
Fokus pada pengelolaan percakapan. Tujuannya hanya untuk mengobrol atau berinteraksi.
c.    Hubungan
Bertujuan untuk menjalin hubungan. Serti menunjukan rasa hormat kepada seseorang.
d.   Sumberdaya Pribadi
Bertujuan untuk memaksimalkan aset anda. Misalnya Andi ingin Ana membantunya untuk menyiapkan makan malam untuk teman-teman dia.
e.    Mengacu Gairah
Bertujuan untuk mengelola emosi Anda. Biasanya untuk meninggalkan kesan setelah percakapan berakhir. Misanya kesan bahagia.

Tujuan Sekunder
       Tujuan sekunder berdampak besar pada pesan yang anda gunakan untuk mengejar tujuan pengaruh utama Anda. Tujuan sekunder lebih ke arah kalimat penguat untuk tujuan utama.

b.  Mengelola Banyak Goal
       Untuk mengelola banyak goal anda harus melakukan:
a.      Priotitas
Fokus pada suatu tujuan. Perlu diingat mana tujuan yang lebih penting. Orang-orang menilai bahwa tujuan sekunder untuk mempertahankan hubungan, untuk berjaga-berjaga terjadi penolakan.
b.      Mengejar tujuan secara berurutan
Pilihan lain adalah mencoba mencapai tujuan secara berurutan, atau satu demi satu. Berfungsi untuk memfokuskan perhatian anda pada satu tujuan pada satu waktu, tetapi berusaha untuk mendapatkan segala sesuatu yang penting bagi anda.
c.       Mengejar semua tujuan secara bersamaan
Meskipun agak lebih menantang, anda mungkin mengejar beberapa tujuan sekaligus. Anda harus menemukan beberapa cara agar tujuan anda kompatibel satu sama lain.



c.   Berpikir Strategis
            Memilah-milah proritas anda dapat membantu anda untuk menjadi efektif dalam mencapai mereka.
a.       Mengindetifikasi tujuan untuk komunikasi interpersonal.
Cobalah untuk mencari tahu apa tujuan yang tepat, dan apakah itu anda atau orang lain yang mencoba untuk melakukan yang mempengaruhi tersebut.
b.      Hadir dengan tujuan sekunder anda
Sebagai contoh ‘Hey saya boleh meminjam laptop anda untuk memberikan presentasi kelas saya. Ini berguna untuk memperkuat tujuan utama anda.
c.       Menimbang pilihan untuk mengelola beberapa tujuan
Mempert apakah tujuan itu membahayakan kepentingan orang lain, apakah tujuan mempunyai alasan kurang penting




d.  Pesan Pengaruh
            Menjelaskan tentang bagaimana pengaruh, pola yang muncul dalam interaksi pengaruh, dan urutan pesan yang sangat efektif.
Karakteristik
Bagaimana startegi menyampaikan pesan untuk mempengaruhi mitra komunikasi anda. Bagaimana beberapa orang melibatkan sikap baik agar berfokus pada hasil yang positif, sedangkan yang lain bersikap negatif.

a.      Kepatuhan
Ucapan-ucapan yang dirancang untuk mempengaruhi mitra komunikasi anda.
b.      Ketegasan
Tingkat dimana pesan anda jelas sepertilangsung mengungkapkan niat langsung ke pembicara
c.       Kekuasaan atau dominasi
Sejauh mana pembicara mengungkapkan kekuasaan melalui bentuk dan isi pesan agar berpengaruh. Ini lebih ke arah memerintah.
d.      Argumen
Sejauh mana alasan yang diberikan untuk memenuhi permintaan. Suatu pesan yang berisi tentang mengapa sesuatu itu harus disetujui.

            Seperti yang anda duga, tingkat ketegasan, dominasi, dan argumen dalam pesan pengaruh untuk mempengaruhi bagaimana orang bereaksi terhadap pesan itu sangat mempengaruhi.




e.   Pola Komunikasi
            Pesan yang kita gunakan untuk mempengaruhi tidak berdiri sendiri. Keberhasilan upaya mempengaruhi tergantung pada bagaimana mitra berkomunikasi dan berinteraksi satu sama lain.
Coba, coba lagi. Ketika seseorang gagal dalam upaya untuk mempengaruhi seseorang, maka cobalah lagi.
Berosilasi. Orang cenderung siklus antara percobaan pengaruh eksplisit dan segmen bicara di mana tujuan pengaruh tidak disebutkan.
Pengaruhi terlebih dahulu, jelaskan nanti. Pertimbangkan bagaimana anda bertanya kepada seorang penasihat akademik tentang suatu keberatan nyatakan suatu pesan yang menyatakan keberatan dan sisanya adalah pesan untuk mendukung bahwa keberatan anda itu memang harus disetujui.




f.    Pengaruh Pendek Pesan
Meskipun sebagian besar interaksi pengaruh antarpribadi melibatkan memberi dan mengambil dijelaskan pada bagian sebelumnya, kadang-kadang Anda mungkin harus membuat permintaan dengan cepat. Mungkin Anda berbicara dengan orang asing, dan tidak ada benar-benar ada alasan lain untuk percakapan kecuali tujuan pengaruh Anda.
Sebagai contoh, jika Anda perlu untuk meminjam ponsel dari orang asing untuk menempatkan panggilan penting, Anda tidak akan bekerja sampai permintaan Anda dengan berbasa-basi.
Strategi yang digunakan, etika suara, menghormati pasangan komunikasi anda, dan tindakan sejajar dengan nilai-nilai anda.

Perlu diketahui bahwa pesan Anda memiliki efek penting pada mitra komunikasi. Secara khusus:
-          Pesan pengaruh dominan cenderung membangkitkan reaksi negatif. Pasangan Anda mungkin menolak permintaan Anda, atau Anda mungkin mendapatkan apa yang Anda inginkan, tetapi merusak citra Anda atau hubungan Anda dengan target pesan.
-          Pesan eksplisit membuat tantangan untuk target pesan, karena pesan-pesan langsung memaksa pasangan untuk merespon. Ketika pesan eksplisit memberikan tekanan pada pasangan, respon negatif lebih mungkin.






g.    Pengaruh Interpersonal Dalam Tindakan
Interaksi pengaruh interpersonal terungkap sebagai bertukar pesan mitra dan mereka terjadi dalam hubungan. Dalam bagian bab ini, Anda akan belajar tentang bagaimana Anda dapat mengatasi hambatan untuk mencapai tujuan pengaruh Anda, bagaimana karakteristik hubungan bentuk pilihan komunikasi Anda, dan bagaimana menangani berisiko tinggi mempengaruhi interaksi.
a.      Mengatasi Hambatan
Yaitu apa upaya anda untuk mengatasi penolakan, seperti alasan. Pengaruh Anda tergantung pada bagaimana Anda bereaksi terhadap perlawanan.Anda dapat menjadi komunikator yang lebih efektif jika Anda memahami bagaimana untuk melawan pengaruh dan bagaimana mengatasi resistensi ketika Anda mempengaruhi orang lain.
b.      Penawaran
Misalnya dalam meminjam Buku, untuk mengatasi penolakan dari lawan interaksi kita bisa menambahkan “Aku akan kembalikan segera” ketika masih ditolak, kita bisa mengatakan “Aku akan meminjamkan catatan Kuliah sebagai alat tukar”.
c.       Untuk penolakan
Perhatikan kata-kata yang anda sampaikan “Aku tidak ingin membantu” bisa diganti dengan “Aku ingin sekali membantumu, tetapi aku sedang sibuk”. Ini digunakan untuk menghindari hubungan yang rusak.




h.  Kesopanan Teori
            Yaitu seperangkat asumsi tentang bagaimana keintiman dan kekuasaan terkait dengan penggunaan pesan pengaruh yang lebih atau kurang sopan. Menggunakan wajah, yaitu citra publik diri kita.
  Wajah: Citra publik dari diri kita yang kita masukkan ke dalam dunia.
  Wajah positif: Keinginan untuk menjadi sangat disukai dan dikagumi oleh orang lain. mengacu pada keinginan kita untuk sangat disukai dan dikagumi oleh orang lain,
  Wajah negatif :Keinginan untuk mandiri dan tidak dibatasi.
  Wajah-mengancam: Permintaan untuk kepatuhan yang melanggar wajah positif atau negatif seseorang.
  Keintiman dan pengaruh pesan. Orang-orang di hubungan dekat dapat menggunakan pesan pengaruh yang langsung dan to the point. Mulailah dengan "tolong," "jika Anda bisa," atau "Aku minta maaf merepotkan Anda."



i.       Power And Influence Message
Orang-orang di hubungan dekat dapat menggunakan pesan pengaruh yang langsung dan to the point. Apakah ini berarti bahwa Anda kurang sopan atau bahkan kasar kepada teman dekat, pasangan romantis, dan anggota keluarga? Di satu sisi, ya, karena Anda tidak selalu mengatakan "tolong," "jika Anda bisa," atau "Aku minta maaf merepotkan Anda." Pada saat yang sama, hubungan mitra dekat Anda cenderung untuk mempertimbangkan langsung Anda pesan yang kasar (Dillard et al., 1997)
  Kekuatan Paksaan: Kemampuan untuk menggunakan ancaman dan hukuman untuk mendapatkan kepatuhan.
  Kekuatan penghargaan: Kemampuan untuk menggunakan insentif untuk mendapatkan kepatuhan.
  Kekuatan sah: Tingkat kekuatan yang diperoleh oleh seseorang posisi atau jabatan.
  Kekuatan acuan: Sejauh mana individu sangat disukai dan dikagumi
  Kekuatan ahli: Sejauh mana individu memiliki informasi, pengetahuan, dan keahlian mengenai topik tertentu.
Jika anda kekurangan kekuatan, maka bisa menggunakan pengaruh dari orang yang memiliki kekuatan lebih, ini sering digunakan dalam organisasi.




j.       High Stakes Episodes
.Interaksi pengaruh interpersonal yang melibatkan banyak gol sekunder. Dua situasi di mana pengaruh taruhannya tinggi memulai hubungan romantis dan mendapatkan bantuan dari seseorang yang berkuasa. Orang yang memiliki tujuan-tujuan utama sering juga prihatin tentang memiliki interaksi yang halus, mengelola hubungan mereka dengan orang lain, mempertahankan sumber daya pribadi, dan menjaga kecemasan mereka di bawah kontrol.
Kita akan melihat dari dekat pada suatu taruhan tinggi situasi pengaruh
  Anda menjalankan risiko membuat target Anda romantis bunga merasa dipaksa untuk pergi dengan Anda. Jika Anda pernah diminta oleh seseorang dan merasa sulit untuk mengatakan tidak, Anda tahu apa tekanan ini terasa seperti.
  Sebuah upaya untuk meningkatkan keintiman bisa merusak hubungan. Jika Anda meminta pasangan untuk menghabiskan hari istimewa bersama-sama - mungkin hari ulang tahun Anda atau Hari Valentine - dan Anda ditolak, Anda mungkin merasa sulit untuk melanjutkan hubungan.
  Anda dapat merusak citra Anda dengan tampak baik lancang atau putus asa.




k.    Pengaruh Yang Etis
Anda belajar bagaimana untuk mengantisipasi dan menetralisir hambatan untuk kepatuhan, menggunakan strategi untuk mengerahkan pengaruh atas, dan menghindari beberapa risiko yang pergi bersama dengan mengintensifkan hubungan romantis.

  Kendala menghormati, menghormati seseorang untuk melakukan suatu pekerjaan dan membujuknya, karena adalah orang yang terbaik.
  Aktifkan pengaruh atas. Gunakan kekuatan pengaruh anda untuk menciptakan sebuah komunikasi dengan orang-orang yang kurang dominan untuk mengkomunikasikan dirinya.
  Menghindari ambiguitas strategis. Terkadang  kita membuat permintaan dengan isyarat, seolang-olah membuat permintaan. Sikap yang tidak jelas. Akibatnya dia kabur dan pura-pura tidak mengetahui.


Sumber:
Buku - Denise Solomon and Jennifer Theiss Interpersonal Communication Putting Theory into Practice


Tidak ada komentar:

Posting Komentar